About IISMA Program

What is IISMA Scholarship?

Indonesian International Student Mobility Awards is the Government of the Republic of Indonesia scholarship scheme to fund Indonesian students for mobility program at top universities overseas. Undergraduate students could spend one semester at the overseas university partner to study, to experience the host country’s culture and undertake practical assignments to enhance their skills.

The scheme is centrally managed by Directorate General of Higher Education, Research, and Technology (DGHERT), Ministry of Education, Culture, Research, and Technology (MoECRT) and is open for undergraduate students from all Indonesian Higher Education Institutions under DGHERT.

 

 

 

 

What Past Awardees Said About IISMA?

 

M. Solahudin Al Ayubi

Program IISMA adalah program kampus Merdeka yang sangat bagus. Program ini memberikan peluang kepada Mahasiswa Indonesia utk belajar 1 semester di salah satu dr 300 top kampus dunia. 

Hal tersebut tentu telah memberikan banyak perubahan terhadap diri saya, mulai dari peningkatan skill menulis esai atau tugas dalam bahasa Inggris, peningkatan utk berpikir objektif dan kritis, berani berpendapat, studi manajamen, dll.

Selain dari segi pembelajaran akademik, pada kesempatan IISMA di University of Glasgow, saya juga berkesempatan untuk menjadi student representative (SR) dan bergabung di PPID pada komisi Hubungan Internasional, Divisi Penelitian dan Kajian.

Melalui dua program tersebut, saya belajar banyak tentang kepemimpinan, komunikasi, negosiasi dan diplomasi dg berbagai orang seperti Tim IISMA di Indonesia, Tim IRO di UofG, anggota PPI Dunia, PPI GREATER GLASGOW, KBRI dan lain-lain. Hal tersebut tentu telah menperluas koneksi saya dan memperkuat hubungan saya dengan orang-orang baru.

Saya juga belajar problem solving dan problem management karena menjadi SR. Beberapa tantangan selama di Glasgow telah menjadi bagian penting yang membentuk leadership saya lebih baik. Contohnya, acara peringatan sumpah pemuda yg saya ketuai yg berhasil mendapatkan respons baik dr University of Glasgow, Tim IISMA dan jg PPI Glasgow. Selanjutnya, saya jg dipercayai menjadi ketua SR di UK untuk program visit KBRI di London dan berkesempatan memberikan sambutan mewakili 180 lebih Mahasiswa penerima beasiswa IISMA.

Pengalaman IISMA adalah bagian terbaik di tahun 2021. IISMA telah merealisasikan satu mimpi saya utk kuliah di UK. Mimpi yang saya bangun sejak SMP.

Bagi saya IISMA bukan hanya sekedar program kampus Merdeka semata, melainkan sebuah peluang untuk bisa berkiprah dalam dunia akademik dan non akademik di tingkat internasional, menjalin kerja sama lebih baik dengan negara dan institusi di luar negeri  dengan mendorong para awardee nya sebagai bagian dari aktor diplomasi "peope-to-people diplomacy". Dengan demikian, peluang tersebut tentu dapat bermanfaat untuk para awardee IISMA, para generasi muda untuk meningkatkan kapabilitas diri masing-masing sehingga diharapkan kembalinya mereka nanti dapat memberikan kontribusi baik utk Indonesia.

 

 

Rizky Juda

Menurut saya program IISMA adalah program flagship yang ada di MBKM, dan program ini sangat membuka peluang mahasiswa di Indonesia untuk dapat merasakan studi di luar negeri, IISMA juga dapat menjadikan setiap awardee menjadi representative dari Indonesia di mata dunia, serta dapat memberikan relasi dengan taraf international, selain itu alumni IISMA pun dapat terorganisir dengan terbentuknya IISMA Alumni Club yang menjadi wadah bagi para alumni IISMA untuk sharing dan menguatkan koneksi satu sama lain.

 

 

Lucke Kharimah Pamungkas Saputro

IISMA Awardee at Sapienza University, Rome

Visit Here

 

Shared: