International Relations Office
Universitas Muhammadiyah Malang
International Relations Office
Universitas Muhammadiyah Malang

Erasmus in Turkey

Author : Administrator | Sabtu, 05 Juli 2014 09:36 WIB
 

“ERASMUS IN TURKEY”

Oleh: Rizka Safrina

Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional FISIP-UMM

Alumni Erasmus Mundus 2010

 

            Belajar di tempat dan suasana yang berbeda memang memberikan pengalaman yang berbeda pula. Kegiatan belajar mengajar selama saya di Turki sangatlah menyenangkan karena ditunjang oleh dosen-dosen berkompeten, teman-teman yang sangat membantu, fasilitas kampus yang menunjang seperti perpustakaan yang lengkap dan akses internet yang sangat lancar. Sebagai mahasiswi jurusan Hubungan Internasional, mengikuti program Erasmus Mundus Scholarship “External Cooperation Window Lot 12 Bridging The Gap” ini memberikan keuntungan yang sangat besar yaitu bisa mengamati sebuah negara dengan bentuk pemerintahan yang unik secara langsung. Satu hal yang paling berkesan ketika belajar di sana adalah untuk setiap mata kuliah yang diambil, para dosen memberikan alamat website yang bisa diakses oleh setiap mahasiswanya untuk memeriksa setiap nilai ujian ataupun tugas serta presensi kehadiran di kelas, sehingga nilai hasi studi mahasiswa betul-betul transparan. Belajar bahasa Turki merupakan salah satu aktivitas perkuliahan yang menyenangkan karena selain dosennya yang sangat baik, saya juga merasa menjadi anak bayi yang belum bisa berbicara karena bahasanya yang masih asing untuk kita.

 

            Fun experiences yang tidak bisa saya lupakan adalah bermain ice skating di salah satu pegunungan es di kota Bursa. Namun tidak hanya itu, bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai negara maupun teman-teman pelajar Indonesia yang belajar di sana juga merupakan suatu pengalaman yang sangat indah. Mencoba menjadi backpacker untuk mengunjungi kota-kota di Turki seperti Istanbul, Izmir, Konya, Capadocia dan Bursa juga merupakan salah satu pengalaman menyenangkan. Mengenalkan masakan Indonesia kepada orang-orang dengan lidah yang berbeda juga merupakan pengalaman yang lucu dan menyenangkan jika diingat. Satu hal yang paling menyenangkan juga adalah bisa merasakan suasana musim dingin dan bisa bermain salju, saya kira ini merupakan suatu impian bagi orang-orang yang tinggal di iklim tropis seprti kita.

 

Challenging experiences yang pernah dialami seperti tidak cocoknya lidah terhadap rasa makanan Turki yang cenderung asin dan tawar seperti yoghurt, cukup merasa kesulitan ketika mencari buku pelajaran berbahasa inggris, kesulitan berkomunikasi di awal-awal kedatangan, harus jauh dari kedua orang tua ketika hari raya Idul Fitri dan Idul Adha merupakan pengalaman yang menyedihkan kala itu. Satu pengalaman yang cukup menghebohkan adalah ketika hendak pulang ke Indonesia, karena terlalu banyak barang yang harus dibawa, kami mengalami masalah di bandara, hampir saja kami berempat tidak bisa naik pesawat karena barang bawaan kami terlalu berlebih. Utungnya petugas bandara mau memberikan kebijakan dengan syarat kami harus membayar denda.

Pesan: Although you are a person who is unconfident and think you’re always losing to anyone else but believe that GOD will definitely give opportunity for you to prove that you are also HIS great person, when it comes just take it. (Rizka/iro)

 

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image